Misteri Dibalik Lukisan Melencolia I

Jika berbicara mengenai lukisan terkenal yang mendunia dan penuh misteri pasti anda langsung berpikiran tentang lukisan Mona Lisa karya Da Vinci, namun ternyata ada juga lukisan terkenal yang penuh dengan misteri, yaitu Melencolia I.

Melencolia I (atau biasa disebut Melencolia Eins) adalah  lukisan hasil karya seorang seniman Jerman bernama Albrecht durer. Lukisan ini menggambarkan seorang manusia bersayap sedang termenung

ya seperti itulah lukisan Melencolia I, sekilas memang tak ada yang aneh dalam lukisan ini, namun jika anda memperhatikan dengan seksama anda akan menemukan hal-hal sebagai berikut

 

Peralatan Tukang dan Geometri

 

sekilas tak ada yang aneh dengan peralatan tukang dan peralatan Geometri tersebut , namun jika diperhatikan secara seksama, anda akan melihat sebuah Jangka dipegang oleh si manusia bersayap dan peralatan Arsitek berserakan dibawah.

 

Jangka dan Arsitek, bagi para penganut teori konspirasi, kata-kata tersebut sudah tak asing dan langsung mengacu pada lambang jangka Freemasonry dan juga the Great Architech

 

(jangka dan mistar, peralatan Geometri dalam lambang Freemasonry)

 

mungkin anda akan berpikir “ah ini cuma parno” atau sebagainya. namun dalam buku Menguak 33 kunci The Lost Symbol, Decoding The Lost Symbol, maupun The Lost Symbol sendiri, mengatakan bahwa jangka dan peralatan tukang dalam lukisan melencolia mengacu pada ilmu Freemasonry, yaitu Arsitektur dan Geometri.

 

Persegi Empat Ajaib Albrecht Durer

 

jika anda melihat ke sebelah atas gambar, tepatnya di ujung atas sayap sang manusia bersayap, anda dapat melihat sebuah persegi empat menyerupai jendela yang berisi angka-angka

 

(persegi empat ajaib Albrecht Durer)

 

jika anda pernah melihat aksi Joe Sandy yang melakukan sulap angka dimana setiap 4 barisan angka berjumlah sama, maka hal ini sama dengan persegi empat ajaib ini, namun yang berbeda antara Durer dengan Joe Sandy adalah, jika Joe Sandy menggunakan sembarang angka, Durer menggunakan angka dari 1-16 sesuai jumlah seluruh kolom di persegi itu.

 

jika anda menjumlahkan angka-angka itu maka anda akan mendapat hasil 34, baik itu vertikal, horizontal, diagonal, sudut, tengah, apapun maka hasilnya adalah 34.

 

lalu ada satu hal lagi yang menarik dari persegi empat ini, di barisan paling bawah, ada 4 bilangan yaitu 4 15 14 1, jika anda perhatikan, angka 1514 menunjukkan tahun pembuatan lukisan, dan angka 1 dan 4 menunjukkan inisial sang pelukis (AD untuk Albrecht Durer).

Lambang Berbagai Ilmu

seperti disebutkan diatas, jangja dan peralatan tukang melambangkan Geometri dan Arsitektur, lalu ada juga berbagai unsur ilmu lain seperti Astronomi dengan komet di ujung kanan atas gambar, laluAlkimia, yang juga salah satu dari ilmu hitam Freemasonry dan organisasi sejenis.

Rahasia Dibalik Nama Lukisan dan Pelukis

ternyata nama lukisan dan sang pelukis juga memiliki sesuatu yang menarik yaitu:
m + e + l + e + n + c + o + l + i + a + e + i + n + s=
13 + 5 + 12 + 5 + 14 + 3 + 15 + 12 + 9 + 1 + 5 + 9 + 14 + 19= 136

dan di nama pelukisnya jika dalam penulisan kuno, dimana huruf V menggantikan huruf U menjadi:

A+L+B+R+E+H+C+T+D+V+R+E+R=
1+12+2+18+5+8+3+20+4+22+18+5+18= 136

ternyata dalam numerologi nama pelukis dan lukisan nya juga mengandung sesuatu yang menarik..

itulah beberapa hal misterius dan menarik tentang lukisan Melencolia I, setiap karya manusia melambangkan sifat dan isi hati sang pelukis.

(sumber:wikipedia.org, 33 kunci mennguak The Lost Symbol, The Lost Symbol, Decoding The Lost Symbol)

sumber

2 Komentar


ZAP - 12 Mei 2019


ZAP - 12 Mei 2019


Isi Komentar

statcounter

Flag Counter